Profil

 

 

dbsk3

 

tvxq

TVXQ (DBSK) adalah salah satu boyband fenomenal asal Korea Selatan. Boyband yang beranggotakan dua cowok keren ini berada dibawah naungan agensi SM Entertainment. TVXQ (DBSK) memulai debut resmi nya pada 26 Desember 2003.

Pada awalnya, grup ini memiliki member 5 orang. anggota pertama yang bergabung adalah Kim Junsu (Xiah Junsu). Junsu adalah penyanyi di gereja. saat usia 12 tahun, dia terpilih sebagai pemenang dalam kontes bakat televisi dan mendapatkan kesempatan untuk mengasah bakat nya sampai akhirnya memulai debut dengan nama Xiah Junsu. Xiah adalah nama panggung nya,
Anggota kedua adalah U-Know Yunho (Jung Yun Ho). Yunho memenangkan tempat pertama di sebuah kompetisi dance. Nama panggung nya adalah U-Know. nama ini dipilih karena ketika seseorang mengucapkan nama ini, maka kamu akan langsung tahu siapa Yunho.
Selanjutnya member ketiga adalah Jaejoong (Hero Jaejoong). sebelum bergabung dengan SM Entertainment Jaejoong pergi dari rumah nya untuk mencari peruntungan hidupnya. abang ganteng satu ini sempat menderita kelaparan karena susah nya hidup di Seoul. Tetapi setelah mengikuti audisi SM Entertainment dan terpilih menjadi salah satu trainee diantara 5000 orang. kehidupan nya pun berubah. Nama panggung Jaejoong adalah Hero.
Berikutnya adalah Changmin (Max Changmin). Dia adalah member keempat yang bergabung dengan TVXQ (DBSK). Changmin merupakan salah satu member termuda yang mengikuti audisi SM Entertainment. Pada awalnya para juri ragu untuk meloloskannya, alasannya adalah usia Changmin tidak akan mudah membuatnya beradaptasi dengan anggota lain. Tapi pada akhirnya, bakatnya mengalahkan faktor usia nya yang muda itu. Nama panggung Changmin adalah Max.
Member terakhir adalah Park Yoochun (Micky Yoochun). yoochun menghabiskan empat tahun tinggal di Virginia, Amerika Serikat, di mana ia memenangkan kontes bakat, yang membuatnya masuk menjadi bagian dari TVXQ (DBSK). Nama panggungnya adalah Micky, yang juga menjadi nama nya yang digunakan di Amerika Serikat.

TVXQ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

TVXQ, yang merupakan singkatan dari Tong Vfang Xien Qi (bahasa Tionghoa:東方神起) , adalah grup pop asal Korea Selatan yang dibentuk pada tahun 2003 dibawah manajemen SM Entertainment. Penulisan nama mereka sering juga dimodifikasi menjadi TVXQ!. Di Korea Selatan, mereka dikenal dengan nama Dong Bang Shin Ki  (bahasa Korea:동방신기), atau sering juga disingkat menjadi DBSK; dan di Jepang, mereka dikenal dengan nama Tohoshinki (bahasa Jepang:東方神起). Arti dari nama mereka dalam 3 bahasa semuanya berarti “Dewa-Dewa yang Terbit dari Timur”.

Grup ini memulai debutnya pada tahun 2003 dengan 5 anggota yang terdiri dari leader U-Know Yunho, Max Changmin, Hero Jaejoong, Micky Yoochun, dan Xiah Junsu. Pada Juli 2009, 3 anggota TVXQ (Jaejoong, Yoochun, dan Junsu) menuntut manajemen Korea mereka, SM Entertainment, ke meja pengadilan. Hal ini menyebabkan segala aktivitas publik dan kemunculan TVXQ setelah tahun 2009 terhenti. Setelah sempat hiatus selama 2 tahun 3 bulan, TVXQ kembali muncul ke dunia industri musik sebagai duo yang terdiri dari Yunho dan Changmin.

TVXQ merupakan salah satu artis Asia tersukses yang pernah ada. TVXQ telah diberi gelar sebagai “Bintang Asia” dan “Raja Korean Pop dan Hallyu Wave” dikarenakan oleh kesuksesan dan kontribusinya yang begitu besar terhadap Korean pop. Semenjak debut mereka, TVXQ telah merilis 5 album Korea, 5 album Jepang, hingga lebih dari 20 singel Korea dan 30 singel Jepang. Berdasarkan tangga lagu musik Gaon, hingga Maret 2012, TVXQ telah berhasil menjual lebih dari 10,1 juta kopi album, singel, dan DVD selama karir mereka di Korea dan Jepang, dan ini tidak termasuk penjualan album dari negara lainnya di Asia maupun internasional. Setelah memperoleh popularitas yang begitu besar, TVXQ juga disebut-sebut telah menjual lebih dari 20 juta kopi album, singel, DVD, hingga buku terbitan mereka sendiri di seluruh dunia. Ini membuat TVXQ menjadi artis Korea tersukses di Asia bahkan seluruh dunia hingga saat ini. Album TVXQ, Best Selection 2010 telah memecahkan berbagai rekor sebagai artis asing pria pertama yang berhasil meraih angka penjualan sebanyak 700.000 di Jepang. TVXQ memiliki dua fanclub resmi di Korea dan di Jepang, yang dikenal baik dengan nama Cassiopeia dan BigEast, dimana fanclub ini pernah tercatat dalam Guinness World Record pada tahun 2008 dikarenakan oleh jumlah anggotanya yang begitu banyak dan dikenal sebagai salah satu fanclub terbesar di dunia dengan 1,5 juta fans di Asia dan 5,5 juta di seluruh dunia.

TVXQ menempati puncak tangga lagu mingguan Oricon sebanyak 9 kali, termasuk singel terbaru mereka saat itu, “Keep Your Head Down” dari album dengan nama yang sama di Jepang yang telah memperpanjang rekor mereka sebagai artis asing dengan singel paling banyak menempati peringkat pertama di Jepang. Pada tahun 1968, untuk pertama kalinya terjadi di Oricon, jumlah penjualan singel dari seorang artis asing pernah tercatat mencapai lebih dari 200.000 kopi dalam satu minggu. Hal yang sama terjadi kembali, kali ini lebih banyak, saat TVXQ menjual lebih dari 256.000 unit singel mereka yang berjudul “Break Out!”.

Pada tahun 2011, TVXQ kembali ke dunia industri musik sebagai duo dan merilis album pop Korea mereka, Keep Your Head Down, yang menempati peringkat ke-1 tangga lagu musik Gaon selama 2 minggu setelah rilis. Album studio Jepang mereka, TONE, dirilis pada 28 September 2011, dan berhasil menjual sekitar 205.000 kopi dalam satu minggu dan meraih peringkat ke-1 dalam tangga lagu mingguan maupun bulanan Oricon. Semenjak kemunculan mereka kembali, TVXQ telah menjual lebih dari 1 juta kopi album Korea, album Jepang, dan singel Jepang.

Perjalanan Karier

2003-2005: Debut, Tri-angle, dan Rising Sun

Sebelum debut, TVXQ ditawarkan oleh pihak manajemen 3 pilihan nama: O Jang Yukbu (오장육부, yang artinya Lima Organ Pencernaan), Jeonseoleul Meokgo Saneun Gorae (전설을 먹고 사는 고래, yang artinya Seekor Paus yang Memangsa Legenda), dan Dong Bang Bul Pae (동방불패, sebutan untuk “Timur yang Tak Terkalahkan” di Korea). Mereka pun akhirnya memutuskan untuk mengambil nama Dong Bang Bul Pae, tapi ditolak karena nama tersebut Hanja-nya dianggap tidak memiliki nilai estetika yang tinggi, akhirnya, nama tersebut diubah oleh bawahan Lee Soo Man menjadi Dong Bang Shin Gi.

TVXQ memulai debutnya pada tanggal 26 Desember 2003 dalam pertunjukkan BoA dan Britney Spears, dimana mereka membawakan singel debut mereka yang berjudul “Hug” dan versi a capella dari lagu “O Holy Night” bersama BoA. Grup ini akhirnya merilis singel debut mereka, “Hug”, pada 14 Januari 2004 yang berhasil mencapai peringkat ke-4 tangga lagu bulanan dan terjual sebanyak 169.532 kopi, membuatnya menjadi rekor penjualan terbaik ke-14 tahun itu.Singel kedua mereka, “The Way U Are” (Juli 2004), berhasil menempati peringkat ke-2 dalam berbagai tangga lagu musik, membuatnya menjadi rekor penjualan terbaik ke-9 tahun itu, dengan total penjualan sebanyak 214.069 kopi. TVXQ merilis album debut mereka, Tri-Angle, pada Oktober 2004. Tri-Angle pun berhasil menempati peringkat 1 berbagai tangga lagu musik Korea dan terjual sebanyak 242.580 kopi, membuatnya menjadi rekor penjualan terbaik ke-8 tahun itu.

Pada April 2005, TVXQ memulai debutnya di Jepang dibawah naungan label Avex, yang merupakan sub-label dari Rhythm Zone dengan singel “Stay with Me Tonight”. Mereka merilis singel Jepang kedua mereka, “Somebody to Love”, sebelum kembali lagi ke Korea dan merilis album studio Korea mereka yang kedua, Rising Sun. Rising Sun berhasil menempati peringkat ke-1 di berbagai tangga lagu musik Korea dan menjadi rekor penjualan terbaik ke-4 pada tahun 2005 dengan total penjualan sebanyak 222.472 kopi. TVXQ mengakhiri tahun 2005 dengan merilis 2 singel: singel Jepang ketiga yang berjudul “My Destiny”, dan singel kolaborasi berjudul “Show Me Your Love” yang dibawakan bersama rekan satu label mereka, Super Junior. Singel Show Me Your Love berhasil menempati peringkat pertama di berbagai tangga lagu musik dengan total penjualan sebanyak 49.945 kopi, membuat singel ini meraih rekor penjualan terbaik ke-35 pada tahun itu.Di akhir tahun, TVXQ menerima penghargaan Video Musik Terbaik (Best Music Video) untuk lagu “Rising Sun” dan People’s Choice Award di Festival Musik Video Mnet KM 2005 (2005 Mnet KM Music Video Festival).

2006-2007: Heart, Mind, and Soul dan “O”-Jung.Ban.Hap

TVXQ mengawali tahun 2006 dengan tur internasional pertama mereka, “Rising Sun 1st Asia Tour“. Tidak hanya sekedar di Korea Selatan, tur mereka juga diselenggarakan di China, Thailand, dan Malaysia. Ini membuat TVXQ menjadi artis Korea pertama yang pernah menggelar konser di Malaysia.Pada bulan Maret, grup ini merilis singel Jepang keempat mereka, “Ashita wa Kuru Kara” (明日は来るから, yang artinya Karena Esok Akan Tiba), dan album debut Jepang mereka, Heart, Mind, and Soul.

Album mereka berhasil menempati peringkat ke-25 di tangga lagu album mingguan Oricon, dengan total sejumlah 9.554 kopi terjual. Singel Jepang mereka yang kelima, “Rising Sun/Heart, Mind and Soul”, dirilis satu bulan kemudian, dan berhasil menempati peringkat ke-22 dalam tangga lagu Singel Oricon.Untuk mendukung kesuksesan album ini, TVXQ menggelar tur Jepang mereka yang pertama, 1st Live Tour 2006: Heart, Mind and Soul, dari bulan Mei hingga Juni.TVXQ pun merilis lagi 2 singel Jepang, “Begin” dan “Sky”. Hasilnya, singel mereka yang berjudul “Sky” pun kembali menempati tangga lagu singel Oricon, kali ini berada di peringkat ke-6. Singel ini pun menjadi singel pertama TVXQ yang berhasil masuk ke dalam jajaran 10 besar. Pada musim panas 2006, TVXQ tampil dalam konser musim panas yang diselenggarakan setiap tahun oleh perusahaan rekaman mereka di Jepang, Avex Trax, A-Nation.

TVXQ melanjutkan aktivitas Korea mereka dengan merilis album Korea ketiga mereka, “O”-Jung.Ban.Hap. (“O”-正.反.合. yang artinya “O”-Tesis.Antitesis.Sintesis) pada bulan September 2006. Mengikuti jejak album-album Korea sebelumnya, “O”-Jung.Ban.Hap juga berhasil menduduki peringkat pertama dalam berbagai tangga lagu musik Korea. Dengan total penjualan album sebanyak 349.317 kopi, membuat album ini menjadi album terlaris sekaligus rekor penjualan terbaik ke-1 pada tahun 2006. Dua bulan setelah “O”-Jung.Ban.Hap, TVXQ kembali merilis singel Jepang, yang berjudul “Miss You/”O” – Sei-Han-Go” (miss you/”O”‐正・反・合, yang artinya Merindukanmu/”O”-Tesis.Antisesis.Sintesis), yang kali ini berhasil menempati peringkat ke-3 tangga lagu musik Oricon. Ini merupakan singel pertama TVXQ yang berhasil menempati jajaran 5 besar tangga lagu Oricon.Pada Festival Musik MKMF tahun 2006, TVXQ memenangkan 4 penghargaan (award), yang meliputi “Best Artist of the Year (Artis Terbaik Tahun Ini)”, “Best Group (Grup Terbaik)”, “Mnet.com” dan “Mnet Plus Mobile People’s Choice Award”. Di Festival Musik Seoul ke-16, TVXQ kembali memenangkan 3 penghargaan termasuk penghargaan terbesar dalam festival tersebut, yaitu “Daesang (Artis Terbaik)”. TVXQ pun kembali meraih penghargaan “Daesang” dalam acara Golden Disk Awards ke-21 tahun 2006, dan saat itu, TVXQ juga meraih penghargaan “Bonsang”. Dalam SBS Gayo Awards tahun 2006, lagi-lagi, TVXQ memenangkan penghargaan “Daesang” dan “Bonsang”.

TVXQ memulai tahun 2007 dengan singel Jepang terbaru mereka, “Step by Step”, yang diikuti dengan tur Asia mereka yang kedua kalinya, The 2nd Asia Tour Concert ‘O’.Tur TVXQ bertempat di Seoul, Taipei, Bangkok, Kuala Lumpur, Shanghai, dan Beijing.Pada bulan Maret, grup ini merilis singel Jepang yang ke-10, “Choosey Lover”, dan album Jepang yang kedua, Five in the Black. Kedua-duanya berhasil menempati jajaran 10 besar tangga lagu musik Oricon, dengan “Choosey Lover” di peringkat ke-9, dan “Five in the Black” di peringkat ke-10. Pada bulan Mei, grup ini menghadiri MTV Video Music Awards Jepang tahun 2007 dimana mereka kembali memenangkan penghargaan “Best Buzz Asia in Korea” untuk album mereka, “O”-Jung.Ban.Hap. Dari bulan Juni hingga Desember 2007, TVXQ merilis rentetan singel sebanyak 5 singel, yang meliputi: “Lovin’ You“, “Summer: Summer Dream/Song for You/Love in the Ice“, “Shine / Ride On“, “Forever Love” dan “Together“. Singel “Summer: Summer Dream/Song for You/Love in the Ice” berhasil menempati peringkat ke-2 dalam tangga lagu Oricon, yang membuat singel ini menjadi singel TVXQ dengan posisi peringkat tertinggi dalam tangga lagu musik Oricon saat itu. TVXQ juga ikut berkolaborasi dengan rekan satu labelnya, Kumi Koda, untuk singel ke-38 miliknya, “Last Angel”, yang akhirnya digunakan sebagai lagu tema (theme song) untuk Resident Evil: Extinction versi Jepang.

2008-2009: Sukses berkelanjutan di Jepang dan Mirotic

Pada 16 Januari 2008, TVXQ merilis singel Jepang mereka yang ke-16, “Purple Line“. Kali ini, untuk pertama kalinya, singel Jepang dari TVXQ mampu menempati peringkat ke-1 di tangga lagu musik Oricon. TVXQ pun menjadi grup musik pria asing pertama yang singel-nya mampu menempati peringkat ke-1 di tangga lagu musik Jepang. TVXQ pun merilis album studio Jepang mereka yang ketiga, T, yang sekali lagi berhasil menempati tangga lagu mingguan album Oricon pada posisi ke-4.Label TVXQ, Rhythm Zone, mengumumkan proyek “trik” dimana akan ada 5 singel TVXQ yang dirilis secara berturut-turut selama 6 minggu. 5 singel yang dirilis dari bulan Februari hingga Maret itu masing-masing berisi lagu solo dari masing-masing anggota TVXQ.TVXQ merilis lagi singel Jepang mereka yang ke-21, “Sennen Koi Uta/Beautiful You” pada bulan April. Singel TVXQ ini kembali meraih peringkat pertama dalam berbagai tangga lagu musik dan membuat TVXQ menjadi artis Asia non-Jepang pertama dengan 2 singel menempati peringkat pertama, melampaui Ou-Yang Fei Fei, seorang penyanyi wanita asal Taiwan, yang hanya pernah sekali menempati peringkat ke-1 tangga lagu musik Jepang, tepatnya 24 tahun yang lalu. Pada tanggal 7 Juni, TVXQ kembali ke Korea Selatan untuk turut berpartisipasi dalam Annual Dream Concert ke-14 di Stadium Olympic, Seoul. Tur Asia TVXQ yang sebelumnya dimulai pada tanggal 23 Februari 2007 dari Seoul akhirnya telah berakhir di Beijing pada tanggal 12 Juni 2008. TVXQ pun kembali ke Jepang dan merilis lagi singel mereka yang ke-23, berjudul “Doushite Kimi o Suki ni Natte Shimattandarou?“. Singel ini kembali menempati puncak tangga lagu musik Oricon, membuat TVXQ menjadi artis asing pertama dengan 3 lagu menduduki peringkat pertama di tangga lagu musik Oricon.TVXQ juga tampil dalam acara ulang tahun Avex yang ke-20 dan dalam acara A-Nation ’08. Di bulan Agustus, TVXQ kembali pulang ke Korea untuk ikut berpartisipasi dalam pagelaran konser SMTown Live ’08. Mereka tampil bersama rekan satu label yang lain, yaitu BoA, Cheon Sang Ji Hee the Grace, Zhang Liyin, Girls’ Generation, SHINee dan Super Junior.

Album Korea TVXQ yang keempat, Mirotic, disebut-sebut akan dirilis pada tanggal 24 September 2008. Tapi, diakibatkan oleh banyaknya permintaan manggung, peluncuran album ini akhirnya diundur dua hari kemudian, tepatnya pada tanggal 26 September.Mengikuti jejak album-album sebelumnya, kali ini, hanya dalam 3 hari setelah album dirilis, Mirotic berhasil menduduki peringkat pertama rekor penjualan musik pada tahun 2008. Dengan jumlah penjualan sebanyak 307.974 kopi, membuat album Mirotic menjadi album terlaris Korea pada tahun 2008. Pada tanggal 15 November 2008, album ini memenangkan penghargaan Album Terbaik Tahun 2008 MKMF Korean Music Festival Awards. Tidak berhenti disitu saja, pada awal Januari 2009, total penjualan album ini mencapai 502.837 kopi, membuat album ini menjadi album Korea pertama yang mencapai jumlah penjualan lebih dari 500.000 kopi dalam 6 tahun terakhir.Pada bulan Oktober, TVXQ melanjutkan aktivitas musiknya di Jepang dengan merilis singel “Jumon: Mirotic“, yang merupakan versi Jepang dari lagu Mirotic. Alhasil, singel ini lagi-lagi menempati peringkat pertama tangga lagu musik Oricon, memecahkan rekor singel nomor satu yang pernah dicapai TVXQ dengan singel-singel sebelumnya. TVXQ ikut memeriahkan malam tahun baru dengan tampil dalam Festival Musik bergengsi di Jepang, Kouhaku Uta Gassen. TVXQ pun menjadi artis Korea pertama yang pernah menghadiri acara musik kelas tinggi ini. Kehormatan untuk dapat diundang tampil dalam festival musik Kouhaku ini sangatlah sulit didapat, hanya artis-artis J-POP dan penyanyi enka papan atas saja yang memiliki kesempatan untuk dapat tampil dalam acara megah ini. Bahkan hingga hari ini, berkesempatan tampil dalam festival Kouhaku telah dianggap sebagai suatu pencapaian yang besar dalam perjalanan karir seorang musisi di Jepang.

Singel Jepang TVXQ yang ke-25, “Bolero/Kiss the Baby Sky/Wasurenaide“, yang dirilis pada bulan Januari 2009 kembali menjadi singel nomor satu TVXQ berikutnya. Pada bulan Maret, TVXQ merilis lagi singel mereka yang ke-26, “Survivor“, yang kali ini hanya dapat menempati peringkat ke-3 tangga lagu musik Oricon, dan untuk sementara menghentikan rentetan singel nomor satu TVXQ. Setelah dirilisnya singel “Survivor”, TVXQ pun merilis album Jepang mereka yang keempat, The Secret Code, yang berhasil menempati posisi ke-2 chart album Oricon. Untuk mendukung popularitas album mereka, TVXQ menyelenggarakan tur konser keempat mereka, Tohoshinki 4th Live Tour 2009: The Secret Code, yang berakhir di stadion Tokyo Dome, membuat TVXQ menjadi grup Korea pertama yang pernah menggelar konser disana.

Pada tanggal 22 April 2009, TVXQ merilis singel mereka yang ke-27, “Share the World/We Are!“. Singel tersebut akhirnya kembali menempati posisi pertama dalam tangga lagu musik Oricon, melanjutkan rentetan singel nomor satu yang sebelumnya sempat terhenti, sekaligus memperpanjang rekor singel nomor satu mereka.Singel ke-28 mereka, “Stand by U“, yang dirilis pada tanggal 1 Juli 2009 kembali menduduki tangga lagu Oricon pada posisi ke-2.

DVD live TVXQ yang berjudul “4th Live Tour 2009 – The Secret Code – Final in Tokyo Dome” dirilis pada tanggal 30 September. Berdasarkan Ranking DVD Oricon 10/12, DVD tersebut terjual lebih dari 171.000 kopi dan menjadi DVD dengan jumlah penjualan terbaik pada minggu pertama setelah DVD tersebut dirilis. Dalam waktu satu bulan, The Secret Code telah terjual lebih dari 300.000 kopi. Hal ini merupakan pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir seorang artis Asia non-Jepang mampu menempati peringkat pertama dalam penjualan DVD, yang bahkan mampu melampaui musisi-musisi asing lainnya yang juga tercatat pernah mencapai prestasi ini, termasuk juga artis-artis besar seperti “The Beatles” dan “Led Zeppelin“. Pada rekor sebelumnya, DVD “3rd Live Tour 2008 – T” yang dirilis pada Agustus 2008 terakhir tercatat terjual sebanyak 112.000 kopi, dan “All About DBSK Season 3” yang telah terjual sebanyak 66.000 kopi. Kali ini, DVD mereka terjual dalam jumlah yang lebih banyak daripada jumlah penjualan DVD-DVD sebelumnya. Dengan total penjualan sebanyak 353.000 kopi, DVD ini berhasil memecahkan rekor penjualan perdana DVD tertinggi untuk artis asing.

2010: Aktivitas di Jepang, kasus hukum, dan hiatus

Pada permulaan tahun 2010, tepatnya pada tanggal 27 Januari, TVXQ merilis singel ke-29 mereka, “Break Out!“, yang kembali berhasil menciptakan rekor baru bagi TVXQ. Single tersebut kembali menduduki peringkat satu tangga lagu Oricon dan terjual sebanyak 256.000 kopi pada minggu pertama, memecahkan rekor Elton John 14 tahun yang lalu yang sebelumnya memegang rekor penjualan tertinggi untuk artis asing pada minggu pertama tersebut.Pada bulan Februari, TVXQ dipilih untuk menyanyikan lagu pembuka (opening) “With All My Heart -君がる、夏-” untuk film Jepang “君が踊る、夏 / Kimi ga Odoru, Natsu”, yang sukses menjadi hit di bioskop pada September 2010. Pada 24 Maret 2010, TVXQ merilis sebuah single baru berjudul, “Toki o Tomete“.Album kompilasi Jepang TVXQ yang pertama, Best Selection 2010 melampaui angka penjualan 500.000, dan berhasil mendapat double platinum pada bulan Februari. Akhirnya, di bulan Maret, album ini mampu melampaui angka penjualan 700.000 dan sekaligus menjadi hasil penjualan TVXQ yang terbaik di Jepang. Dengan ini, TVXQ menjadi artis asing pria dan boyband asing pertama yang pernah menjual lebih dari 700.000 album di Jepang.

Pada 3 April 2010, Avex mengumumkan hiatus TVXQ dalam segala aktivitas musik mereka di Jepang dengan alasan agar TVXQ dapat lebih berfokus dalam aktivitas solo masing-masing anggotanya.Pada akhir bulan, Avex pun mengumumkan bahwa Jaejoong, Yoochun dan Junsu akan muncul sebagai sebuah trio (JYJ) dalam pagelaran konser Live Thanksgiving in Dome di Jepang.

Dari Agustus hingga September 2010, dalam acara SMTown Live ’10 World Tour di Seoul, Los Angeles dan Shanghai, TVXQ hanya tampil dengan 2 anggota tersisa, yaitu Yunho dan Changmin.

Pada tanggal 23 November 2010, SM Entertainment mengumumkan bahwa TVXQ akan kembali ke dunia industri musik setelah hiatus yang cukup panjang sebagai duo yang terdiri dari U-Know Yunho dan Max Changmin pada awal 2011.Pada tanggal 24 November 2010, Avex Entertainment, dan SM Entertainment Jepang juga, membuat pernyataan menyangkut soal perpanjangan kontrak SM dengan Avex, termasuk juga TVXQ yang akan terus melanjutkan karir musik mereka sebagai duo dibawah label Avex Trax.

2011: Kembali sebagai duo, Keep Your Head Down dan TONE

Album terbaru TVXQ, Keep Your Head Down, dirilis di Korea Selatan pada 5 Januari 2011 dan berhasil menduduki posisi ke-1 Chart Gaon dua minggu setelah album tersebut rilis. Chart penjualan album Chart Gaon selama setengah tahun memposisikan album Keep Your Head Down TVXQ ini sebagai album terlaris dengan jumlah penjualan tertinggi hingga saat itu, yaitu sebanyak 230.922 kopi yang terjual dari Januari hingga Juni 2011.Album repackage dari Keep Your Head Down ini sendiri berhasil terjual sebanyak 55.243 kopi sehingga membuatnya menduduki posisi ke-9 album terlaris di Korea pada tahun 2011 saat itu. Jumlah penjualan album secara keseluruhan dari Keep Your Head Down, termasuk album repackage-nya berjumlah 286.185.

Singel Jepang TVXQ, “Why? (Keep Your Head Down)”, yang dirilis oleh Avex Trax di Jepang pada tanggal 26 Januari 2011, berhasil terjual sebanyak 231.000 kopi dalam minggu pertama dan kembali lagi merajai tangga lagu musik Oricon. Singel Jepang pertama TVXQ setelah hiatus selama 2 tahun lebih ini mampu menduduki peringkat ke-1 dalam chart single harian, mingguan, bahkan bulanan Oricon. Pada tanggal 20 Juli, duo ini merilis kembali singel Jepang mereka yang berjudul “Superstar”, telah terjual lebih dari 184.00 kopi dan mendapat reputasi sebagai singel Gold pada akhir bulan. Walau tidak berhasil menempati peringkat pertama di tangga lagu Oricon, singel ini mampu meraih posisi pertama dalam tangga lagu lain, yaitu Japan Hot 100.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s